UAJY
Berita Jogja

Bantul Digegerkan dengan Penemuan Wajan Raksasa. Ini Sejarahnya

Masyarakat Pedukuhan Kretek Lor, Kalurahan Jambidan, Kapanewon Banguntapan, Bantul digegerkan dengan penemuan wajan raksasa. Ukuran wajan tersebut memiliki diameter sekitar 2,5 meter. Kondisinya sudah sangat berkarat karena peninggalan zaman Belanda.

Saksi Sukardi menjelaskan, penemuan bermula saat pihak desa ingin membuat lapangan sepak bola. Namun karena kekurangan tanah untuk melakukan penimbunan maka diambilkan tanah yang ada di sebelahnya.

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

“Pada Selasa (31/8/2021) sekitar pukul 17.00 WIB backhoe sedang menggali tanah lalu membentur sebuah batu bata. Setelah digali ditemukan wajan raksasa itu,” kata Sukardi kepada SuaraJogja.id, Rabu (1/9/2021).

Menurutnya, dari cerita sejarah, banyak warga sekitar yang sudah tahu tentang keberadaan wajan raksasa tersebut. Wajan raksasa berfungsi untuk mencegah tanah amblas akibat mempompa air dari dalam tanah.

“Ini dulu peninggalan Belanda, jadi kalau mau pompa air dari tanah harus mengubur wajan raksasa di dalam tanah sedalam tiga meter. Di sekitar wajan juga dikeliling tembok dari batu bata setinggi satu meter,” paparnya.

Selengkapnya baca Suara | foto @ss_full

Setelah Wajan Raksasa, Ditemukan Juga Rantai Raksasa Di Bantul

 

View this post on Instagram

 

A post shared by FULL (@ss_full)

Portal Jogja

CLOSE
CLOSE