Gelombang Ekstrem Landa Laut Selatan Jogja 7 Hari ke Depan


Pantai selatan Yogyakarta dilanda gelombang pasang ekstrem. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyatakan ketinggian gelombang laut mencapai empat meter, dan kondisi gelombang ini diperkirakan semakin tinggi untuk tujuh hari ke depan.

“Gelombang laut dalam kategori ekstrem di laut selatan Yogyakarta. Bahkan di laut selatan Nusa Tenggara gelombang laut dapat mencapai tujuh meter. Kondisi ini sangat berbahaya bagi nelayan yang akan melaut apalagi dengan perahu kecil atau perahu jukung,” kata Subandi, Prakirawan Cuaca dari BMKG Yogyakarta, Kamis 16 Januari 2014.
Selain gelombang ekstrem, wilayah di Yogyakarta dan pada umumnya di Jawa diguyur hujan dengan intensitas lebat karena pada pertengahan bulan Januari hingga pertengahan bulan Februari 2014 merupakan puncak musim hujan di wilayah Jawa.
“Untuk curah hujan di Yogyakarta sendiri masih normal meski ada peningkatan intensitas hujan dibanding beberapa hari sebelumnya,” ujarnya.
Tingginya intensitas hujan ini disebabkan pertemuan antar angin tropis yang membawa uap air dan berkumpul di atas Pulau Jawa dan berpotensi menjadikan awan hujan.
“Pertemuan angin tropis dari utara pulau Jawa dan selatan Jawa ini yang menyebabkan curah hujan tinggi atau memasuki puncak musim hujan,” ujar dia.
Intensitas hujan akan semakin tinggi pada daerah yang punya ketinggian tinggi seperti di wilayah Sleman di sekitar Gunung Merapi. “Dibandingkan wilayah lain di DIY maka Kabupaten Sleman yang intensitas hujannya cukup tinggi,” katanya.

 

Makan Malam Romantis Jogja

Semar

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI