UAJY
Event Jogja

Kelompok Gamelan Dari Amerika Pentaskan Wayang Kulit di Yogya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kelompok Sari Raras akan menggelar pementasan Wayang Kulit dengan lakon ‘Hanoman Duta’ pada 14 Agustus mendatang. Pementasan akan berlangsung mulai pukul 20.00 sampai 22.00 di SMKI Yogyakarta.

Dalang dalam pagelaran wayang kulit ini adalah Ki Midiyanto. Pertunjukan akan didukung oleh beberapa pesinden dari Amerika termasuk Maegan O’Donahue, Jessika Kenney dan Susan Walton. Pementasan wayang kulit ini didukung oleh 25 orang pengrawit dari Berkeley yang merupakan orang-orang asli Amerika.

Marko

Jenak Homestay

Sari Raras adalah sebuah grup gamelan Jawa terbesar di Amerika yang berdiri sejak tahun 1989 di Berkeley. Sari Raras dipimpin oleh Ki Midiyanto dan Ben Brinner. Sari Raras sering pentas di Amerika dan juga pernah pentas di Jawa tahun 2012.

Pendiri dan Direktur Gamelan Sari Raras, Midiyanto mengatakan, kelompoknya mengambil konsep gamelan Jawa untuk memperkenalkan musik tradisi Jawa.

“Saya punya konsep yang sangat jelas, saya namakan Sari Raras karena sari itu artinya essence, raras itu enak, melodi. Kita di sini memainkan melodi yang enak didengar untuk menghaluskan rasa. Oleh karena itu, gendingnya pun saya beri yang halus-halus supaya kami bisa promosi bahwa bagi orang Jawa, gamelan bisa menghaluskan jiwa,” paparnya pada Minggu (9/8/2015).

Walaupun berafiliasi dengan UC Berkeley, anggota Sari Raras tidak terbatas dari kalangan akademia tapi juga dari komunitas setempat. Para anggota kebanyakan sudah bergabung cukup lama, seperti Ashley Morris, pemain kenong, yang sudah delapan tahun bermain untuk Sari Raras. Gamelan Sari Raras juga dibentuk untuk mengiringi pertunjukan wayang kulit, dan kebetulan Midiyanto juga seorang dalang.

via tribunjogja

available

CLOSE
CLOSE