UAJY
Kuliner Jogja

Mie Lethek, Miedes, dan Mie Pentil. 3 Mie yang Wajib Dicoba Bila Berkunjung ke Bantul

Bagi warga asli Bantul dan sekitarnya, pasti tahu ketiga mie legend di atas kan? Nah bagi warga luar Bantul, admin mau rekomendasiin 3 Mie Legend yang Wajib Dicoba saat berkunjung ke Bantul.

β€’ 𝗠𝗢𝗲 π—Ÿπ—²π˜π—΅π—²π—Έ
Salah satu kuliner khas dari Srandakan, Bantul, Yogyakarta yang memiliki warna keruh kecoklatan dan kurang menarik, berbeda dengan mie pada umumnya. Maka dari itu, mi ini dikenal dengan sebutan β€œlethek”, yaitu keruh kurang menarik. Terbuat dari tepung tapioka dan singkong yang diproses dengan cara tradisional. Sekilas mi ini mirip dengan bihun lho BOBers. Namun mi lethek memiliki tekstur lebih tebal dan lebih kenyal.

Jogja Travel

β€’ π— π—Άπ—²π—±π—²π˜€
Bakmi pedes atau biasa dikenal Miedes, merupakan makanan khas Bantul yang berbahan baku ketela, ebi, dan tambahan cabai kering yang dihaluskan. Mi ini cocok disajikan kering maupun berkuah.

β€’ 𝗠𝗢𝗲 π—£π—²π—»π˜π—Άπ—Ή
Sajian mi khas Bantul lainnya adalah Mie Pentil. Mie yang terbuat dari tepung tapioka ini memiliki rasa gurih dan biasanya dimakan menggunakan sambal. Nama β€œpentil” diambil dari nama penutup ban yang berbentuk panjang dan kenyal.

Nah, itu dia 3 Mie Legend di Bantul yang cocok untuk dicoba. Kamu suka yang mana?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by YOGYAKARTA (@yogyakartacity)

Sumber @borobudur (ig)

Jogja Travel

CLOSE
CLOSE