UAJY
Berita Jogja

Stasiun Tugu Akan Ditata Lagi

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta menunjukkan keseriusannya untuk menata kawasan Stasiun Tugu dan Lempuyangan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan pengantar.

“Penataan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas parkir dengan menempatkannya di lokasi yang dinilai lebih nyaman,” kata Executive Vice President (EVP) Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta Wiwik Widayanti di Yogyakarta, Minggu (29/3/2015).

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

Menurut Wiwik, PT KAI Daop VI Yogyakarta sudah membebaskan lahan seluas 7.000 meter persegi di sisi barat Stasiun Tugu yang selama ini dikenal dengan kawasan Bong Suwung. PT KAI Daop VI akan membangun selasar yang menghubungkan parkir di sisi barat ke pintu masuk Stasiun Tugu.

“Selama ini, lokasi parkir kendaraan berada di sisi timur dan selatan. Nantinya, pintu masuk dari sisi timur ini akan lebih banyak digunakan untuk pemesanan tiket, dan ‘drop off’ penumpang saja, bukan untuk parkir,” tuturnya.

Ia berharap, seluruh pembangunan dan penataan tersebut sudah dapat diselesaikan saat Lebaran. “Paling tidak, penataan parkir tersebut akan mengurangi kepadatan di sisi timur Stasiun Tugu. Saat libur panjang, selalu saja ada antrean kendaraan untuk masuk stasiun dari pintu timur,” ujarnya.

Selain penataan parkir di Stasiun Tugu, PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta juga akan melengkapi fasilitas toilet di bagian luar stasiun yang bisa digunakan pengantar.

“Banyak keluhan yang masuk dari pengantar, karena tidak bisa mengakses toilet karena seluruh toilet berada di dalam stasiun. Pengantar tidak diizinkan masuk ke dalam stasiun,” katanya.

Sementara itu, Manager Corporate Communications PT KAI Daop VI Gatut Sutiyatmoko mengatakan peningkatan volume penumpang, baik penumpang kereta jarak jauh maupun komuter, juga perlu diantisipasi sejak dini dengan memisahkan zona penumpang lokal dan penumpang jarak jauh.

“Masih ada saja penumpang yang salat naik kereta karena zona untuk penumpang kereta komuter dan jarak jauh sama,” ucapnta.

Sedangkan di Stasiun Lempuyangan akan dilakukan penataan dengan memperluas tempat tunggu penumpang dengan memindahkan loket pembelian tiket serta menata parkir.

via pikiran-rakyat

Patra Residence

CLOSE
CLOSE