UAJY
covid
Pendidikan Jogja

UKDW Tuan Rumah Audiensi Good Design Indonesia 2020

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan sosialisasi dan audiensi “Good Design Indonesia (GDI) 2020”. Acara yang berlangsung pada hari Jumat, 13 Maret 2020 di Lecture Hall Pdt. Dr. Rudy Budiman UKDW ini merupakan kerja sama antara Program Studi (Prodi) Desain Produk UKDW dan Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) Chapter Jogja serta diikuti oleh lebih dari 130 orang peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, akademisi, desainer, hingga para penggiat industri kreatif.

Sejak tahun 2017, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia telah rutin menggelar perhelatan GDI untuk memberikan apresiasi bagi karya desainer Indonesia. Eri Hojo, Senior Director dari Japan External Trade Organization (JETRO) menjelaskan bahwa konsep GDI merupakan adaptasi dari penghargaan karya desain di Jepang yaitu G- Mark yang kini dikenal dengan sebutan Good Design Award.

Marko

Jenak Homestay

Ari Satria, selaku Direktur Pengembangan Produk Ekspor dari Kementerian Perdagangan mengungkapkan bahwa GDI bertujuan untuk meningkatkan ekspor Indonesia dari sektor nonmigas serta memberikan nilai tambah bagi produk-produk dalam negeri yang kurang dikenal di mancanegara. Lebih lanjut Ari Satria menambahkan bahwa karya desain yang diperbolehkan mengikuti ajang GDI haruslah diproduksi di Indonesia, didesain oleh desainer Indonesia, dan juga dipasarkan di Indonesia. Ajang yang sangat kompetitif ini didukung dengan keterlibatan juri ahli dari Japan Institute of Design Promotion (JDP) dalam proses penilaian karya GDI.

`Terdapat tiga kategori bagi pemenang yaitu GDI, GDI of the Year, dan GDI Best. “Setiap pemenang GDI akan memperoleh trofi, sertifikat yang ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, pengakuan untuk mecantumkan logo GDI pada karya desain, publisitas produk pada berbagai pameran produk berskala nasional dan internasional, hingga fasilitas untuk berpartisipasi dalam ajang Good Design Award (G-Mark) di Jepang,” ujar Ari Satria. Tidak mengherankan jika para desainer dan pelaku usaha di bidang industri kreatif sangat antusias menyambut ajang GDI. Hal ini ditunjukkan dari jumlah peserta yang terus meningkat setiap tahun.

Selain ajang GDI, dilaksanakan pula sosialisasi dan audiensi untuk kompetisi dan inkubasi “Innovating Jogja 2020” yang diselenggarakan oleh Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) dari Kementerian Perindustrian. Kompetisi ini terbuka bagi para wirausahawan yang memiliki bisnis inovatif di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kompetisi ini bertujuan untuk menjaring ide bisnis baru di bidang industri kerajinan dan batik. Setiap tenant inkubasi yang terpilih akan memperoleh pendampingan bisnis, fasilitas di Litbang Produk BBKB, serta bahan produksi senilai 20 juta rupiah.

available  

  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
CLOSE
CLOSE