UAJY
Serba-serbi Jogja

Unik. Di Desa ini Jangan Berkata Jorok di Muka Lebah, Anda Bisa Disengat

Jangan gampang berkata jorok di muka lebah! Apalagi pegang alat kelamin, karena anda bisa kena sengat lebah. Memang lebahnya istimewa, lebah pohon randu atau kapuk. Namun menurut Heri Kurniawan, warga Hargotirto Kulonprogo ini, khasiat lebah randu sangat luar biasa. Tapi jangan coba-coba ngomong jorok.

Heri Kurniawan adalah penggagas kampung lebah Randu Alas, mengatakan kepada KRJOGJA.com, memelihara lebah Randu punya fiolosi Madu jenis sendiri. Madu Randu atau dikenal dengan madu kapuk dihasilkan oleh lebah yang dibudidayakan di dekat area hutan randu. Madu jenis ini memiliki warna coklat muda dan bening dengan rasanya sedikit manis dan masam. Memang tidak diketahui, mengapa tawon randu alas tidak suka orang berkata jorok atau berkelakuan porno. “ Namun semua benar-benar terjadi, dan banyak yang sudah terbukti,” Kata Heri.

Jogja Travel

Madu jenis ini memiliki banyak khasiat seperti meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas, meningkatkan nafsu makan, memperlancar fungsi kerja otak, menyembuhkan radang, menyehatkan liver, menyembuhkan demam, menghilangkan bau mulut dan menyembuhkan luka dengan cara dioleskan. Luar biasa kan?

Kampung lebah Randu Alas adalah bagian keunikan desa wisata di Kulonprogo. Terletak di Pedukuhan Sekendal Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo sering jadi jujugan wisatawan. Lokasinya hanya sekita 15 menit dari Balai Desa Hargotirto, misalnya anda mengendarai kendaraan bermotor, ada pintu gerbang desa dengan nama Kampung Randu Alas, di situ lokasinya. Di kampung ini kita biasa meminum langsung madu dari sarangnya, belajar bagaimana membudidayakan lebah dan tentu saja belajar bersama lebah yang imut-imut.

Selengkapnya baca KRJogja

Jogja Travel

CLOSE
CLOSE