UAJY
Pendidikan Jogja

11 Dokter Baru FK UKDW Jogja : Berbudi Luhur, Profesional Mandiri, dan Terpercaya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kampus Jogja – Pada hari Sabtu, 1 Februari 2020 bertempat di Ballroom Indraprasta 3, Hotel Sahid Yogyakarta, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK UKDW) Yogyakarta kembali melantik 11 dokter dalam acara “Sumpah Dokter Periode XV”.

Prosesi pengambilan sumpah para dokter dipimpin oleh Dekan Fakultas Kedokteran, dr. The Maria Meiawati Widagdo, Ph.D. Adapun dokter-dokter yang dilantik adalah dr. Nabella Septiana Wibawa, dr. Merryones Br Tobing, dr. Andreas Naibaho, dr. Steven Arif Wibowo, dr. Anggoro Ristianto Saputro, dr. Oeij Henri Wijaya, dr. Joanne Switasanny Alexangela, dr. Niko Prasetya Ginting, dr. Alfonsus Aditya Lodjing, dr. Intan Novi Dewantary, dan dr. Putu Wiliska Wilasitha. Kesebelas dokter baru tersebut semakin menambah panjang daftar dokter lulusan FK UKDW Yogyakarta.

Jenak Homestay

Pada upacara pelantikan, para dokter tersebut mengucapkan sumpah Hippokrates yang merupakan sumpah semua dokter di seluruh dunia. Sumpah Hippokrates ditulis sekitar tahun 400 SM oleh seorang tabib Yunani yang bernama Hippokrates, yang juga dikenal sebagai Bapak Kedokteran. Sumpah ini berisi pedoman etika luhur yang menjadi tuntunan profesi kedokteran. Seiring berjalannya waktu, sumpah Hippokrates telah mengalami beberapa perubahan yang disesuaikan dengan perubahan zaman serta kemajuan sains dan ilmu kedokteran modern. Namun pada hakikatnya, sumpah ini merupakan puncak perkembangan konsep etika kedokteran yang ketat, dasar hubungan pasien–dokter dalam dunia maju, dan titik penting moralitas profesional.

Menurut dr. Haryo Dimasto Kristiyanto, S.S. selaku Ketua Panitia Pengangkatan Sumpah dan Pelantikan Dokter Periode XV,  para dokter baru ini secara khusus dipersiapkan untuk terjun di masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, dimanapun mereka berada nantinya. “Mereka akan menjalani program magang selama satu tahun. Program ini merupakan program pemerintah bagi seluruh dokter di Indonesia untuk menyelaraskan ilmu yang didapat selama proses studi dengan realitas dunia kesehatan. Melalui program ini, yang juga merupakan program pemerataan tenaga dokter di seluruh pelosok Indonesia diharapkan pelayanan kesehatan yang bermutu dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini sangat selaras dengan visi dari FK UKDW, yakni menghasilkan dokter yang berbudi luhur, profesional mandiri, dan terpercaya dalam bidang pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang pluralistik berdasarkan kasih,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan predikat terbaik kepada dr. Intan Novi Dewantary yang dilakukan oleh dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D sebagai lulusan terbaik Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode November 2019 dan indeks prestasi kumulatif tingkat S.Ked-Profesi terbaik.

available

CLOSE
CLOSE