UAJY
Event Jogja

30 Seniman Seni Rupa Kota Jogja Gelar Pameran Berjudul “Karang Kitri”. Ini Maknanya

Pameran Seni Rupa Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) tahun 2023 diselenggarakan kembali oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta.  Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 15 Oktober 2023 yang akan diikuti oleh 30 Perupa Kota Yogyakarta dan Bursa Seni yang diikuti oleh 10 Pengrajin Produk Kreatif Kota Yogyakarta di Ex Loop Station Telkom, Jalan Pangurakan no 2 Gondomanan, Yogyakarta yang dibuka pada hari ini (Rabu, 11 Oktober 2023) tepat pada pukul 19.00 WIB. Menggunakan tema besar Ketahanan Pangan, FKY 2023 memilih “Karang Kitri” sebagai judul acara di tahun ini.

Karang Kitri sendiri bermakna halaman pekarangan rumah yang ditanami oleh tanaman buah, sayur, dan tanaman obat. Karang Kitri dapat dibilang sebagai salah satu strategi untuk mengantisipasi kekurangan bahan pangan, karena tanaman-tanaman tersebut terdiri dari beberapa bahan pangan utama yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Dalam konteks kultur Jawa, Karang Kitri merupakan sebuah upaya tata kala atas bahan pangan sejak di pekarangan sampai dengan ke meja makan. Selain itu, Karang Kitri diyakini sebagai bentuk penghormatan atas tanah air dan udara yang telah membangun jasad dengan ragam aneka bahan pangan yang tersimpan dalam tanaman dan tumbuhan yang ada di pekarangan.

Semar

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta memberikan dukungan penuh kepada 30 Perupa Kota Yogyakarta dan 10 Pengrajin Produk Kreatif Kota Yogyakarta untuk membuat karya yang akan dipamerkan pada acara FKY 2023 dengan tujuan menginspirasi masyarakat. Aspek hasil karya seni yang ditampilkan diharapkan dapat membangkitkan kepedulian serta membangkitkan ide-ide strategi bagi masyarakat untuk menghadapi isu melalui sudut pandang kultural di bidang bahan pangan yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan. Di sisi lain, Pameran Seni Yogyakarta diharapkan dapat menjadi ruang ekspresi bagi 30 Perupa Kota Yogyakarta dan 10 Pengrajin Produk Kreatif Kota Yogyakarta. Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) tahun 2023 dilaksanakan kembali oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta dengan dukungan dana Keistimewaan.

Kolaborasi antara Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dan para seniman di Yogyakarta berperan sebagai wadah para seniman untuk menyalurkan kreativitas, daya cipta serta daya pikir para seniman dalam mewujudkan hasil karya seni yang dibuat atas dasar isu bahan pangan. Karya seni yang dihasilkan oleh para seniman diharapkan dapat menggambarkan baik isu sosial tersebut dan juga menggambarkan bagaimana cara serta strategi dalam menghadapi isu terkait bahan pangan. Nantinya, karya tersebut diharapkan juga dapat menghadirkan kesadaran masyarakat atas isu sosial mengenai bahan pangan yang akhir-akhir ini sedang hangat diperbincangkan.

PMB UAJY

Baca juga
8 Kuliner Ekstrem yang Sayang Dilewatkan Saat Kamu Bertandang ke Yogyakarta
Antara Aku dan Yogyakarta: Mulai dari Kisah Cinta Hingga Cara Hidup yang Manusiawi
9 Coffee Shop di Jogja yang Asyik Buat Nongkrong Sambil Garap Tugas