Ada Badai Tropis Anggrek, Tiga Hari Ke Depan DIY Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang


Wilayah DI Yogyakarta diperkirakan berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dalam beberapa hari ke depan. Prakiraan tersebut berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Yogyakarta.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono, mengidentifikasi adanya Badai Tropis ‘Anggrek’ di Samudra Hindia Barat Daya Bengkulu serta tekanan rendah di Australia menunjukkan pola angin Baratan (Monsoon Asia) mendominasi wilayah Jawa pada umumnya dan DIY pada khususnya. Angin bertiup dari arah Barat Daya menuju Barat Laut dengan kecepatan berkisar 20 – 40 km/jam.

Semar

Warjono menuturkan, analisa terkini aktifitas MJO berada dikuadran 4 didukung adanya pertemuan arus angin di wilayah Jawa. Di sisi lain hasil analisis terkini dari profil vertikal kelembapan udara di wilayah DIY berada pada ketinggian 1.5 – 5.5 km (level 850 – 500 mb) berkisar antara 70 – 95 persen (basah).

“Hal ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan dapat terjadi di wilayah DIY bagian Utara hingga Tengah pada siang-malam hari,” tuturnya.

Mempertimbangkan hal tersebut, BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta memprakirakan cuaca di wilayah DIY periode tanggal 17 Januari sampai 19 Januari 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Selengkapnya di TribunJogja

 

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI