Bina Marga akan Bangun 2 Jalur Tol dari Jogja ke Borobudur


Saat menjadi pembicara dalam Seminar IDX Channel Economic Outlook bertajuk “Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas” di Jakarta beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Sugiyartanto memberikan beberapa macam pilihan akses untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Borobudur.

“Mau lewat tol boleh, mau lewat jalan nasional boleh, mau lewat jalan provinsi boleh, lewat jalan kabupaten boleh, inter dan antarmoda naik pesawat dulu baru lambung dengan darat boleh, tinggal masalah bagaimana model fungsi pelayanan dari para penyedia jasa pariwisata,” ujar Sugiyartanto.

Semar

Selain banyaknya pilihan tersebut, kemantapan rata-rata kondisi akses ruas jalan menuju Borobudur juga telah mencapai 97,95 persen. Sementara, rata-rata volume capacity ratio (VCR) atau kapasitas jalan di sekitar KSPN Borobudur sebesar 0,55. Meski begitu, Sugiyartanto menambahkan, tingkat kemacetan tersebut juga tergantung dengan waktu.

“Berarti tidak macet. 0,55 pada saat jam berapa, itu kan kadang-kadang juga berpengaruh,” terangnya.

Saat ini, Ditjen Bina Marga telah memberi dukungan terhadap kegiatan di KSPN Borobudur dengan jalan nasional (non-tol) melalui jalan lintas tengah, lintas selatan, dan penghubung lintas.

Di samping itu, status ruas jalan daerah Keparakan-Borobudur telah ditingkatkan menjadi jalan nasional. Namun tak cukup sampai di situ, Ditjen Bina Marga juga berencana membangun dua jalan tol: Jogja-Magelang-Bawen dan Cilacap-Jogja, yang ditargetkan beroperasi setelah 2019.

Selengkapnya baca HarianJogja | foto ilustrasi

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI