UAJY
Berita Jogja

Bus Wisata Parkir di Luar Kota Jogja Mulai Tahun Depan

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan mulai mengoperasikan parkir bus di luar wilayah perkotaan paling cepat pada 2019. Apabila kebijakan itu sudah berjalan, maka keberadaan Trans Jogja akan dioptimalkan dengan menjadikan moda transportasi itu sebagai shuttle bus.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Hari Agus Triyono mengutarakan, pihaknya saat ini sedang mengkaji lokasi yang tepat untuk dijadikan kantong parkir bus pariwisata. Kajian perlu dilakukan untuk mengetahui lahan-lahan mana saja yang berpotensi digunakan sebagai tempat parkir.

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

Dari hasil kajian, sambung Agus, ada beberapa tempat yang sudah dibidik seperti Terminal Jombor, tempat parkir Bandara Internasional Adisutjipto dan sebuah lahan di Ambarketawang. Bahkan, untuk lokasi yang disebutkan terakhir sudah dibuat tempat parkir.

Namun, untuk parkir di Ambarketawang kapasitasnya tidak terlalu banyak, maksimal hanya 10 bus. Agus mengatakan kemungkinan kantong-kantong parkir bus baru bisa dioperasikan pada 2019. “Paling cepat 2019 atau 2020. Soalnya kan bandara baru pindah pada April 2019. Untuk lokasi di daerah selatan juga masih dicari terus, karena penumpang bus tidak hanya datang dari utara dan timur,” ucapnya melalui sambungan telepon, Kamis (8/2/2018).

Selengkapnya baca > HarianJogja | foto ilustrasi

Patra Residence

CLOSE
CLOSE