Grebeg Maulud Keraton Jogja akan Keluarkan Lima Gunungan


Peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW Keraton Yogyakarta akan mengeluarkan lima buah gunungan.

Kelima gunungan yang akan dikeluarkan dalam upacara Gerebeg Mulud ini dibawa dari Keraton Yogyakarta menuju halaman Masjid Agung Yogyakarta, Puro Pakualaman, dan Kepatihan untuk diperebutkan.

Abdi Dalem Bupati pada Kawedanan Ageng Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat KRT Rinto Isworo menjelaskan, kelima gunungan itu Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Dharat, Gunungan Gepak dan Gunungan Pawuhan dibuat oleh para abdi dalem di Magangan Keraton Yogyakarta.

Semar

“Sebelumnya, Sabtu dilakukan upacara Numplak Wajik yang dipimpin oleh GKR Maduretno, salah satu putri dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X,” katanya.

Gunungan yang akan diperebutkan itu merupakan rangkaian panganan tradisional khusus yang terbuat dari ketan, telur, sayuran dan sebagainya.

Setiap tahun, katanya, Keraton Yogyakarta melakukn tiga kali upacara Gerebeg, yakni Gerebeg Besar, Gerebeg Sawal, dan Gerebeg Mulud.

Gerebeg Mulud, jelasnya, merupakan penutup rangkaian peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang sebelumnya ada Sekaten.

“Tahun ini, Gerebeg Mulud jatuh pada Selasa 14 Januari yang bertepatan Selasa Pon 12 Mulud tahun Jawa 1947 Alip, imbuhnya.

Gunungan ini, lanjutnya dibawa dari Keraton diusung oleh abdi dalem Gladhag, dikawal oleh prajurit Keraton Yogyakarta dan prajurit Puro Pakualaman.

Di sisi selatan Alun Alun, gunungan akan mendapat penghormatan salvo oleh para prajurit sorogeni (pembawa senjata api), serta ungel-ungelan (korps musik) masing-masing kesatuan.

Pada Senin malam, sepasang gamelan sekaten, Kangjeng Kyai Guntur Madu dan Kangjeng Kyai Nogowilogo, akan dibawa masuk dari Bangsal Pagongan Ler dan Kidul di halaman Masjid Gede (Agung) Keraton.

Sri Sultan Hamengku Buwono X, juga akan mendengarkan penuturan siroh nabawiyah atau riwayat hidup Nabi Muhammad yang dibacakan oleh abdi dalem pengulu.

via metrotvnews.com

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI