UAJY
Berita Jogja

Ini Penjelasan BKSDA tentang Penampakan “Ikan Raksasa” di Pantai Gunungkidul Yogyakarta

  •  
  •  
  •  
  •  

Sebuah video beredar di media sosial memperlihatkan penampakan “ikan raksasa” di perairan pantai di Gunungkidul, Yogyakarta. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @jogja24jam, Selasa (20/7/2021). Penampakan ikan ‘raksasa’ tersebut menghebohkan publik. Pasalnya, ukuran ikan tersebut tidak seperti pada umumnya. Ikan tersebut terekam dalam sebuah video yang diabadikan oleh warga sekitar.

Dalam video tersebut, ikan besar itu terlihat muncul di permukaan perairan salah satu pantai di Gunungkidul. Ikan itu tampak berada di bawah tebing pantai. Ikan tersebut terlihat muncul ke permukaan laut. Momen tersebut langsung diabadikan oleh warga sekitar yang sedang memancing. Pada ikan tersebut tampak terdapat bercak putih di bagian tubuhnya.

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

Berdasarkan pengamatan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta M Wahyudi penampakan ikan ‘raksasa’ tersebut diketahui merupakan seekorĀ hiu paus. Lebih lanjut Wahyudi menjelaskan bahwa sebenarnya ekologis satwa laut yang bernama ilmiah Rhincodon typus itu bukan di pesisir. Melainkan hiu paus sendiri adalah satwa laut dalam. Menurutnya, hiu paus tersebut datang ke pinggiran karena sedang mencari makan berupa plankton banyak di area itu.

 

“Kalau dilihat dari videonya itu memang hiu paus. Itu salah satu satwa mamalia besar di laut,” kata Wahyudi saat dihubungi awak media, Selasa (20/7/2021). “Jadi dia [hiu paus] itu bukan satwa yang di pinggir-pinggir. Itu kan di pinggir sekali ya. Nah dia bukan ikan-ikan itu, karena dia ikan jenis besar,” jelasnya.

Selengkapnya baca Suara

Portal Jogja

CLOSE
CLOSE