Ini Pesan Sultan Terkait Peningkatan Jarak Luncuran Awan Panas Merapi


JOGJA – Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X belum merekomendasikan kepada warga sekitar lereng Merapi untuk mengungsi seiring adanya peningkatan jarak luncuran awan panas Merapi.

Sultan HB X mengatakan aktivitas Merapi yang terjadi saat ini merupakan hal yang biasa dan dampaknya erupsi seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Di sisi lain abu vulkanik yang dihasilkan dari erupsi tersebut tidak mengarah ke wilayah DIY.

Semar

“Merapi memang aktivitasnya begini, dampaknya ya memang erupsi aja, gitu kan. Kalau sampai debunya [abu vulkanik] anginnya ke sana aja [utara],” kata Sultan usai menghadiri Rapat Paripurna di DPRD DIY, Senin (16/8/2021).

Oleh karena itu, Sultan belum merekomendasikan kepada masyarakat untuk melakukan pengungsian. HB X memprediksikan dampak erupsi Merapi hanya terjadi dalam jarak dekat. Namun ia tetap menunggu informasi resmi dari BPPTKG.

“Belum [untuk] pengungsian, saya kira masyarakat belum akan meninggalkan tempat, karena memang kalau perkiraan saya hanya sekitar situ [area lereng terdekat Merapi] saja. Dari BPPTKG ada, kami menunggu dari sana,” ucapnya.

Selengkapnya baca HarianJogja | foto @bpptkg

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI