Bantul akan Gelar Tari Montro Kolosal dengan 10.000 Penari


Sebagai upaya pelestarian budaya, khususnya seni asli Kabupaten Bantul, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul akan menggelar tari montro kolosal dengan 10 ribu penari. Tarian montro kolosal ini, sekaligus akan didaftarkan sebagai pemecahan rekor untuk tari kolosal dengan jumlah penari terbanyak.

Sebagai ungkap syukur atas diakuinya tari montro sebagai tarian khas dan asli Kabupaten Bantul oleh Kemenparekraf, sekaligus sebagai perayaan HUT RI ke 78, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, akan menggelar pentas tari kolosal, dengan jumlah penari terbanyak.

Semar

Sepuluh ribu penari Bantul bersama dengan pelajar SMA SMK dan MA, akan bergabung di Pantai Parangkusumo, pada 26 agustus mendatang, untuk menarikan montro secara kolosal. Rencananya, tarian montro ini akan dicatatkan dalam museum rekor dunia Indonesia, MURI.

Tari montro, merupakan tari khas Kabupaten Bantul, yang dibawakan dengan menggunakan kipas bambu. Lazimnya tari montro diiringi dengan rebana jawa. Filosofi tarian ini sarat dengan pesan spiritual, yakni menjaga hubungan baik, antara tuhan dengan manusia, atau habluminallah dan habluminanas. Hingga saat ini, tari montro masih rutin dipentaskan di pelosok-pelosok Kabupaten Bantul.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JOGJA (@jogjacity)

Sumber @jogjatv

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI