UAJY
Berita Jogja

Macan Tutul Terlihat di Gunung Merapi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Keberadaan macan tutul jawa di gunung Merapi memang sering terdengar kabarnya.Beberapa laporan masyarakat menyebutkan ada macan tutul yang menghuni hutan di salah satu gunung paling aktif di Indonesia ini.Keberadaan hewan yang memiliki nama latin Panthera Pardus Melas ini pun kembali diketahui pada pertengahan bulan Agustus 2015 dan dipastikan bahwa macan tutul di Merapi masih ada.

Arif Sulfiantono, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Taman Nasional Gunung Merapi yang juga menjabat Kepala Resort Kemalang melihat hewan yang hampir punah ini.Pria berkacamata ini melihat macan tutul Merapi di jalur pendakian Merapi melalui Sapuangin, Klaten, tepatnya di antara Camp Yoyok menuju pos empat Watu Bolong, sekitar pukul 10.00 pagi .

Marko

Jenak Homestay

Saat itu, ia bersama rombongan dari Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) sedang melakukan eksplorasi jalur pendakian Sapuangin.”Saya kaget, itu pertama kalinya saya lihat macan di Merapi. Saat itu macan meloncat di antara pohon Manisrejo,” ujarnya kepadaTribun Jogja pekan kemarin.Pria lulusan Fakultas Kehutanan UGM ini juga memastikan bahwa hewan yang ia lihat adalah top predator di Merapi. Adapun yang dilihat oleh Arif adalah macan tutul hitam atau akrab disebut dengan macan kumbang.

Macan tutul jawa memiliki dua variasi yakni macan tutul berwarna terang dan macan tutul hitam yang sering disebut macan kumbang. Meski berbeda warna, keduanya adalah supspesies yang sama.

Panjang Sekitar Dua Meter

Selain Arif ada seorang lain yang pernah melihat macan tutul di jalur pendakian tersebut, dia adalah Noer Cholik, petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta yang rutin naik ke Merapi.Pada medio Oktober 2011 atau satu tahun pasca Erupsi, di jalur pendakian Sapuangin, tepatnya di antara pos 2 dan pos 3, Cholik melihat seekor Macan Kumbang.

“Itu pertama kalinya saya melihat macan di Merapi, saat itu sekitar pukul 12 di antara pos 2 dan pos 3 dan kami sedang istirahat, saya bersama rombongan jadi banyak yang melihat,” ujarnya kepada Tribun Jogja ketika ditemui di Kantornya, pekan kemarin.Lebih lanjut, Cholik menjelaskan bahwa saat itu ia melihat macan tutul yang berwarna hitam atau macan kumbang.

Selengkapnya via TribunJogja

available

CLOSE
CLOSE