Situs Perjanjian Giyanti, Di Sini Tempat Terpisahnya Yogyakarta dan Surakarta


Di buku sejarah Indonesia Perjanjian Giyanti pasti bukanlah perihal asing bagi kita, ya lantaran perjanjian itu kekuasaan Mataram Islam terpecah menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Tapi pernahkah ada yang terpikir di mana tempat perjanjian tersebut dulunya berlangsung?

Tempatnya berada di pinggir jalan, di sebelah hamparan sawah nan membentang. Di depan situs tersebut terdapat gapura putih untuk masuknya pengunjung. Tampak pepohonan besar berakar luas nan dipagari tembok putih di hadapan saya ketika memasuki area situs tersebut. Siapa yang menyangka semua itu menjadi saksi bisu Perjanjian Giyanti yang telah diadakan sekitar 266 tahun silam.

Bila memasuki lingkungan situs, kita dapat menyaksikan batu berbentuk bulat yang terletak di antara akar pohon nan menjulur di situ. Jangan mengira penandatanganan Perjanjian Giyanti yang melibatkan Pakubuwono III, Pangeran Mangkubumi, dan perwakilan Kongsi Dagang VOC berada di sebuah pendopo yang mana ada kursi meja ukir nan mewah.

Semar

Lokasi

Karena penandatanganan perjanjian tersebut benar-benar dilakukan di atas batuan bulat yang menyerupai meja itu. Luar biasa.

Hal tak kalah menarik dari Situs Perjanjian Giyanti ini ialah wisata yang dimiliki dan dikelola Daerah Istimewa Yogyakarta namun terletak di Karanganyar, Jawa Tengah.

Selengkapnya baca Detik | foto gmaps

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI