UAJY
Pendidikan Jogja

UKDW Jogja Gelar Debat Perubahan Iklim

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tim dari SMAN 1 Bantul berhasil meraih Juara I seta membawa pulang piala dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam kompetisi debat “Perubahan Iklim” yang diselenggarakan pada tanggal 14 Desember – 15 Desember 2019. Kompetisi debat ini diselenggarakan oleh Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

“Mengangkat tema Lakukan Aksi Selamatkan Masa Depan, melalui kompetisi debat Perubahan Iklim, peserta diharapkan dapat memahami, menguasai, melakukan analisa, membuat judgement, dan merumuskan berbagai solusi praktis untuk mengurangi dan beradaptasi dengan perubahan iklim,” ungkap Drs. Djoko Rahardjo, M.Kes selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Beasiswa, dan Alumni (WD III) Fakultas Bioteknologi UKDW. 

Jenak Homestay

Lebih lanjut Djoko Rahardjo menjelaskan bahwa isu perubahan iklim beberapa tahun belakangan menjadi isu paling menarik perhatian dunia, karena eskalasi dampak telah terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Pembangunan sumber daya manusia harus menjadi fokus perhatian dalam mengembangkan strategi adaptasi perubahan iklim. Ke depan dibutuhkan SDM yang tidak hanya profesional namun juga memiliki kepekaan dan kepedulian lingkungan yang tinggi.

“Generasi milenial sebagai generasi penerus diharapkan berani tampil membawa perubahan dengan kesegaran inspirasi dan keberaniannya membuat langkah-langkah perubahan mengatasi berbagai masalah pembangungan dan pengelolaan lingkungan untuk menciptakan masa depan yang mereka inginkan. Pemikiran, gaya hidup, dan tindakan-tindakan generasi muda yang kreatif, inovatif, berani, tegas, dan ramah lingkungan menjadi faktor penentu keberlangsungan kehidupan di bumi. Menumbuhkan budaya cinta lingkungan pada generasi milenial diharapkan menjadi salah satu alternatif solusi dari banyaknya masalah lingkungan yang terjadi,” terangnya.

Diikuti oleh siswa-siswa SMA/SMK  yang berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur, kompetisi debat Perubahan Iklim ini berlangsung sangat ketat hingga akhirnya tim debat SMAN 1 Bantul berhasil keluar sebagai Juara I.

Penyelenggaraan kompetisi ini mendapatkan respon positif dari sekolah, guru pendamping, maupun peserta. Menurut Keysar Khoirullah Hisam, pembicara terbaik sekaligus Juara I (anggota tim debat SMAN I Bantul), menuturkan bahwa isu perubahan iklim menjadi tema menarik karena berdampak luas pada semua aspek kehidupan. “Melalui debat ini kami menjadi lebih paham akan isu-isu kerusakan lingkungan dan berani untuk mengambil inisiatif dalam melakukan upaya penyelamatan lingkungan,” pungkasnya. (DR)

available

CLOSE
CLOSE