UAJY
Event Jogja

Wayang Jogja Night Carnival WJNC #7, Puncak Acara HUT Ke-266 Kota Jogja Digelar 7 Oktober 2022. Ini Rincian Acaranya

Kelompok yang berasal dari 14 kemantren di Kota Jogja akan menunjukkan aksi mereka dalam Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7. Acara akan dihelat di Tugu Jogja pada Jumat (7/10/2022) pukul 18.30 WIB.

WJNC adalah acara tahunan yang diselenggarakan sebagai puncak peringatan hari ulang tahun ke-266 Kota Jogja. Karnaval ini menyuguhkan penampilan seni koreografi, busana, musik kontemporer, dan permainan lighting.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by YOGYAKARTA (@yogyakartacity)

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja, Andrini Wiramawati, mengatakan WJNC mengusung konsep karnaval jalanan (art on the street) dengan mengambil tema pewayangan. Dalam perkembangannya, konsep WJNC berubah menjadi street art dengan tetap mengusung unsur utama yaitu Tugu Jogja, kendaraan hias, wayang, dan diselenggarakan pada malam hari. WJNC #7 pada tahun 2022 ini mengambil rute sepanjang 1,2 kilometer dengan menyusuri Jalan Jenderal Sudirman-Tugu Jogja-Jalan Margoutomo.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by YOGYAKARTA (@yogyakartacity)

“Di WJNC ini kami targetkan 20.000 penonton karena pada 2019 ada hampir 19.000 yang nontonEvent WJNC ini adalah keinginan Kota Jogja meningkatkan atraksi yang bisa menarik kunjungan wisata,” katanya Senin (3/10/2022).

WJNC #7 diselenggarakan sebagai puncak memperingati hari ulang tahun ke-266 Kota Jogja mengusung tema Lokananta Arjuna Anugraha. Lokananta adalah seperangkat gamelan dari Suralaya, istana dewa-dewa di kahyangan. Di dalam cerita pewayangan, gamelan Lokananta hanya ditabuh secara khusus sebanyak dua kali, yakni dalam acara pernikahan Baladewa dengan Erawati dan Pernikahan Arjuna dengan Sembadra.

Selengkapnya baca HarianJogja

Semar

CLOSE
CLOSE