Berita Jogja : Organisasi Dunia Puji Keseriusan Yogyakarta Melestarikan Batik


Presiden dari World Craft Council – Asia Pacific Region (WCC – APR), Dr. Ghada Hijjawi-Qaddumi mengapresiasi keseriusan Jogja untuk mempertahankan gelar Kota Batik Dunia yang disematkan sejak 2014 lalu. Hal itu ditunjukkan melalui penyelenggaraan acara akbar dua tahunan Jogja International Batik Biennale (JIBB) dan pertisipasi aktif dalam pameran berkala internasional lainnya.

Ghada mengatakan hanya Jogja yang punya usaha lebih untuk mempertahankan gelar empat tahunan ini. Yakni dengan mengadakan JIBB dan memasukkannya dalam kalender tahunan sebagai pengingat. Ghada menilai diadakannya JIBB juga merupakan indikasi masyarakat Jogja maupun pemerintahannya terus aktif melestarikan bahkan terus mengembangkan batik sebagai salah satu kerajinan yang telah mengakar dalam budaya bangsa sejak lama.

Semar

“This is a jenius decision,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan untuk membuka secara resmi gelaran JIBB 2018 di Pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (3/10/2018).

Ghada menuturkan melalui gelaran JIBB 2018, seluruh pihak baik pengrajin batik, organisasi, pemerintahan sebagai pemangku kepentingan, bahkan seluruh masyarakat dapat terlibat dalam mengembangkan dan mempromosikan batik sebagai salah satu kebanggan nasional. Sekaligus mempromosikan Jogja sebagai Kota Batik Dunia.

Selengkapnya baca > HarianJogja | foto ilustrasi

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI