UAJY
Berita Jogja

BPBD Jogja Mengimbau Masyarakat Waspada Hujan Lebat Sampai 22 Januari

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Nur Hidayat, mengatakan hujan lebat kemarin membuat air sungai meluap di Selatan Kota Jogja, salah satunya area Kemantren Mantrijeron. Namun luapan air ini masih tergolong normal dan cepat mereda.

“Sampai hari ini belum ada laporan [bencana alam], cuma satu dari Bumijo, yang talutnya retak,” kata Nur Hidayat, Kamis (20/1/2022).

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

Sampai pertengahan tahun, Nur Hidayat mengimbau masyarakat waspada akan potensi La Nina. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan utamanya di bulan-bulan saat ini sebagai puncaknya. “Yang [curah hujannya] tinggi bulan-bulan ini sampai tanggal 22 Januari. Semua sungai berpotensi meluap,” kata Nur Hidayat.

Selama masa-masa cuaca ekstrem, BPBD Kota Jogja terus berkoordinasi dengan masyarakat melalui Forum Kampung Tangguh Bencana. Saat hujan terjadi, komunikasi semakin diintensifkan. Namun BPBD Kota Jogja hanya bisa menangani keselamatan yang sifatnya kedaruratan. Apabila kerusakan bersifat besar, akan berkoordinasi dengan dinas lain yang terkait.

Selengkapnya di HarianJogja

Patra Residence

CLOSE
CLOSE