UAJY
Berita Jogja

Inilah Desain Arsitektur Jogja Planning Gallery yang Akan Dibangun di Malioboro

Desain Jogja Planning Gallery (JPG) yang akan dibangun di Maliboro mengolaborasikan karya tiga pemenang sayembara. Sentuhan arsitektur DIY akan ditonjolkan dalam bentuk joglo.

Sayembara desain JPG telah dilakukan 2022 silam. Dari sayembara tersebut, terpilih tiga pemenang.  Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY, Baritoadi Buldan, mengatakan desain Jogja Planning Gallery akan mengombinasikan desain pemenang sayembara, yang akan disempurnakan dengan desain peringkat kedua dan ketiga.

“Menghubungan antara ruang depan dengan Malioboro dan disambut Plaza [Plaza Malioboro]. Desain pemenang sayembara akan disempurnakan. Konsep dari pemenang pertama tetap memiliki nilai orisinal, tetapi akan dikuatkan dengan konsep pemenang dua dan tiga,” ujarnya, Selasa (24/1/2023).

Dia menyampaikan konsep bangunan dengan sentuhan budaya Jogja juga akan ditonjolkan dalam desain Jogja Planning Gallery. “Bangunan mengambil bentuk atap joglo yang dimodifikasi. Kemudian untuk aksen lengkung,” katanya.

Konsep yang diusung dua pemenang lainnya lebih kontemporer. “Kedua pemenang yang lain membawa pendekatan yang sedikit berbeda dengan bentuk-bentuk lebih kontemporer, dengan taman dan sebagainya,” katanya.

Selengkapnya di HarianJogja

Semar

CLOSE
CLOSE