UAJY
Berita Jogja

Catat, Perlintasan Kereta Api Bandara Adisutjipto Akan Ditutup Mulai 1 Februari

Pemerintah akan menutup perlintasan sebidang rel kereta api yang berada di Kawasan Stasiun Maguwo atau depan Bandara Adisutjipto Jogja per 1 Februari 2023. Masyarakat yang akan pergi ke Bandara Adisutjipto diminta untuk melewati underpass yang sudah disediakan.

Kepastian terkait rencana penutupan perlintasan sebidang itu secara resmi telah diumumkan lewat akun Instagram Dinas Perhubungan DIY pada 5 Januari 2023 lalu.

“Perlintasan Bandara Adisutjipto DITUTUP. Mulai tanggal 1 Februari 2023 akan dilakukan penutupan perlintasan pada jalur kereta yang berada di Stasiun Maguwo. Bagi #SobatBerkendara yang akan memasuki kawasan Bandara Adisutjipto, bisa melakukan Drop Point yang sudah ditunjukkan terlebih dahulu dan jalan melalui underpass Stasiun Maguwo. #SobatBerkendara juga bisa memakai lahan parkir yang sudah disediakan baik untuk menginap atau hanya dalam waktu tertentu,” tulis akun Instagram @dishubdiy.

Kabag Humas Biro UHP Setda DIY Ditya Nanaryo Aji menyatakan dasar dari penutupan perlintasan sebidang itu antara lain UU No.23/2007 tentang perkeretaapian dan PP Np.56/2009 tentang penyelenggaraan perekeretaapian. Bahwa bahwa perpotongan jalur kereta api dengan jalan dibuat tidak sebidang. Selain itu perpotongan sebidang hanya dapat dilakukan apabila letak geografis tidak memungkinkan membangun perpotongan tidak sebidang, tidak membahayakan dan mengganggu kelancaran operasi kereta api dan lalu lintas jalan.

Selengkapnya di HarianJogja

Semar

CLOSE
CLOSE