UAJY
Wisata Jogja

Inilah Puncak Tertinggi Gunungkidul

Batu Tanggulasi nama Bukit di Dusun Sriten. Dengan ketinggiannya 886 m dari permukaan air laut, bukit yang terletak di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar ini merupakan pucak tertinggi di Gunungkidul. Di pucuk bukit ini dapat memadang jauh ke seluruh penjuru DIY hingga Jateng.

Pada saat cerah bahkan dapat melihat laut selatan, Waduk Gajah Mungkur, Kota Solo, Gunung Merapi, Sindoro, Sumbing dan sekitarnya. Di Pucuk bukit ini sekarang dibangun embung untuk mengoncori kebun buah.

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

Bukit ini mulai berkembang menjadi obyek wisata. Pengunjung selain  memandang indahnya embung juga dapat bermain dengan kabut. Pada cuaca tertentu tiba turun kabut. “Wisawan kadang berkejaran dengan kabut,” kata Asisten Sekretaris Bidang Pembangunan (Asek II) Pemkab Gunungkidul  Supriyadi STP, Jumat (24/04/2015).

Sudah banyak masyarakat mengunjungi bukit yang dari Kota Wonosari berjarak sekitar 20 km ini. Walaupun masih seklitar 7,5 km harus menyusur jalan cor blok  rusak, tidak mengurangi antusias wisatawan mengunjungi puncak Tugu Tanggulasi di Dusun Sriten. “ Pemdes Pilangrejo sudah mengajukan anggaran perbaikan jalan ke Pemerintah DIY sebesar Rp 7,8 miliar,”  ujarnya.

Kendati jalan belum sebagaimana yang diharapan, jalur sekarang justru memiliki tantangan tersendiri bagi masyarakat yang akan mengunjungi Sriten. Lebih setengah jam, harus menguji nyali dalam jalan menanjak, berkelok-kelok dalam kondisi cor blok yang sudah rusak. Ada 16 tikungan-tikungan tajam yang ngeri-ngeri mendebarkan tetapi nikmat. “Mudah-mudahan segera ada dana untuk perbaikan jalan,” demikian kata Kades Pilangrejo Sunaryo.

via krjogja | image ridiculoustravel.wordpress.com

 

Portal Jogja

CLOSE
CLOSE