Festival Marching Band Internasional 2023 Bakal Digelar di Jogja. Ini Waktu dan Tempatnya


#Yogyakarta – Setelah vakum selama dua tahun, Yogyakarta bakal kembali menghelat kompetisi Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono X pada tahun ini. Ajang berskala internasional untuk tingkat perguruan tinggi itu tak hanya melibatkan peserta dari universitas di Indonesia, namun juga kontingen dari lima negara tetangga.

Event ini digelar mulai 20 hingga 22 Oktober 2023 dan dipusatkan di Gedung Olahraga Amongrogo Kota Yogyakarta serta sepanjang Jalan Malioboro. “Kompetisi meliputi berbagai macam mata lomba, untuk kategori street parade dan drum battle akah digelar di sepanjang jalan Malioboro dan GOR Amongrogo,” kata Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) DI Yogyakarta Surya Wijaya, Selasa, 6 Maret 2023.

Surya mengatakan sejak kompetisi itu diumumkan pada awal Maret ini, dari 70 kelompok yang menjadi target, sudah ada 30 kelompok yang mendaftar, termasuk kontingen mancanegara yang terkonfirmasi. *Satu kelompok bisa diisi oleh 50 hingga 100 personil, jadi selama tiga hari perhelatan harapan kami berdampak pada pariwisata di Yogyakarta,” kata dia.

Semar

Kompetisi tahunan ini sudah memasuki tahun ke-10. Pada 2020, ajang ini sempat berhenti karena Covid-19, lalu dilanjut pada 2022 dan 2023.

Surya mengatakan drum band ini menjadi daya tarik sendiri karena memiliki harmoni dalam setiap tabuhan musik dan gerakannya. Penampilan musik ini juga melibatkan banyak orang sehingga dipastikan bisa menjadi hiburan tersendiri juga bagi masyarakat.

Selengkapnya baca Tempo

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI