UAJY
Berita Jogja

Inilah Prakiraan BMKG tentang Awal dan Puncak Musim Hujan di Jogja Tahun ini

  •  
  •  
  •  
  •  

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan awal musim di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan terjadi Oktober 2021.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Staklim Sleman Etik Setyaningrum menjelaskan perkiraan musim hujan akan terjadi di wilayah Kabupaten Sleman bagian Utara sekitar Puncak Gunung Merapi. Selanjutnya pada Oktober dasarian II terjadi di wilayah Kabupaten Sleman dan Kulon Progo bagian Utara dan Barat. Di bulan yang sama pada dasarian III meliputi Kabupaten Sleman bagian Timur, Kota Yogyakarta, Kulon Progo bagian Tengah dan Selatan serta Bantul dan Gunungkidul.

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

“Dari 8 Zona Musim (ZOM) di DI Yogyakarta, 100 persen diprakirakan akan mengawali musim hujan pada Oktober 2021,” ungkapnya pada Jumat (3/9/2021).

Selanjutnya, BMKG memprakirakan puncak musim hujan di seluruh wilayah DI Yogyakarta terjadi pada Januari 2022. Menurut Etik, panjang musim hujan tahun ini pada umumnya diprakirakan 20 dasarian kecuali Kabupaten Sleman bagian utara sekitar puncak Gunung Merapi 22 dasarian. Sedangkan Sleman bagian utara dan barat, Kulon Progo bagian utara dan barat 21 dasarian.

Selengkapnya baca IDNTimes

Portal Jogja

CLOSE
CLOSE