UAJY
Berita Jogja

Jalur Kereta Api Jogja – Magelang Akan Dihidupkan Lagi

PT KAI Daops IV Yogyakarta mewacanakan untuk membuka kembali jalur Yogyakarta – Magelang. Rute ini sebenarnya telah ada sejak jalan Belanda namun saat ini jalur tersebut telah putus seiring dengan dengan pembangunan jalan bahkan rumah warga. Wanaca dibukanya kembali jalur tersebut muncul setelah banyak pengguna jasa kereta api menginginkan adanya rute Yogyakarta – Magelang untuk menunjang mobilitas masyarakat.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daops VI Yogyakarta, Wiwik Widayati mengungkapkan, jalur Yogyakarta – Magelang sebenarnya merupakan rute yang potensial. Namun untuk mewujudkan hal itu pihak Daops VI menemui beberapa kendala, salah satunya soal perintisan jalur.

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

“Itulah kesulitannya karena jalur sepanjang 70 kilometer tersebut banyak yang telah berubah menjadi jalan umum dan bahkan rumah warga masyarakat. Hingga saat ini masih terus kita bahas bersama,” ungkapnya di Stasiun Tugu Yogyakarta, Jumat (23/01/2015).

Wiwik Widayati belum bisa memastikan kapan wacana tersebut bisa terwujud. Saat ini yang dilakukan Daops VI masih dalam tahap pemetaan jalur lama yang dulu pernah ada. Ia optimis jika rute ini terwujud maka kereta api akan jadi opsi tepat masyarakat ditengah padatnya jalur darat Yogyakarta – Magelang.

via krjogja

Patra Residence

CLOSE
CLOSE