UAJY
Berita Jogja

Jogja Dicanangkan Jadi Kota Hanacaraka

  •  
  •  
  •  
  •  

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengkampanyekan Jogja sebagai Kota Hanacaraka atau Aksara Jawa. Pencanangan ini sebagai upaya untuk menjaga aksara Jawa di era digital saat ini.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi menjelaskan pencanangan Jogja sebagai Kota Hanacaraka merupakan rangkaian dari Hari Aksara Internasional. Dian mengungkap pentingnya pencanangan tersebut sebagai upaya untuk melestarikan aksara Jawa.

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

“Mengapa kita berupaya melaunching Jogja sebagai Kota Hanacaraka, karena fakta dan data yang kami punya, persentase pengguna dan pemakai kita cek di angket tersebut menunjukkan bahwa masih banyak pengguna aksara Jawa terutama anak muda,” katanya sebagaimana dikutip laman resmi Pemda DIY, Rabu (7/9/2021).

Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan DIY Setya Amrih Prasaja menambahkan pencanangan ini sebagai upaya menjaga keberlangsungan aksara Jawa di era digital dan sekaligus sebagai upaya mendorong penggunaan aksara Jawa secara lebih luas. Selain itu untuk menggelorakan penggunaan aksara Jawa di ranah digital diperlukan akselerasiagar terlihat nyata dan mampu membangkitkan kembali kebanggaan masyarakat Jogja

Selengkapnya baca Harian Jogja | foto krinkslab

 

View this post on Instagram

 

A post shared by YOGYAKARTA CITY (@yogyakartacity)

Portal Jogja

CLOSE
CLOSE