UAJY
Kuliner Jogja

Kampung Minapadi, Kuliner dengan Konsep Persawahan di Sleman

Ditunjuk jadi tuan rumah Pekan Daerah Petani Nelayan Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda-KTNA) DIY 2019, membuat masyarakat Dusun Samberembe, Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, Sleman termotivasi untuk mengembangkan desa wisata secara swadaya.

Ketua Pokdarwis Samberembe, Ricky Wahid Syam, 33, mengatakan konsep yang ingin dikembangkan oleh pemuda desa dibantu dengan warga Samberembe yang lain adalah Kampung Wisata Mina Padi.

Marko Milk Coffee Jogja

Jenak Homestay Jogja

Setelah Peda-KTNA DIY 2019 berakhir, kelompok sadar wisata (pokdarwis) Kampung Minapadi Samberembe bakal dikukuhkan. Persiapan menjadi desa wisata, kata dia, sebenarnya sudah dirintis sejak beberapa waktu lalu.

Hal itu dimulai dengan mengumpulkan tokoh masyarakat, petani, pemuda, dan bahkan keterlibatan ibu-ibu desa setempat untuk memanfaatkan potensi pertanian yang ada di wilayah mereka. “Kampung Wisata Mina Padi akan diisi kuliner dengan konsep persawahan dengan menyajikan makanan seperti sega liwet, botok yuyu, outbond, edukasi mengenai teknologi pertanian dan perikanan, homestay, dan oleh-oleh hasil perikanan,” katanya, Jumat (12/7/2019).

Selengkapnya baca HarianJogja | foto @kampungminapadi

Portal Jogja

CLOSE
CLOSE