UAJY
Pendidikan Jogja

Mahasiswa UGM Ciptakan Jaket yang Bisa Mengembang Saat Terjadi Kecelakaan pada Penggunanya

Belum lama ini mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan produk untuk mengurangi korban jiwa kecelakaan lalu lintas. Produk tersebut adalah jaket yang dinamai Jacket Air Chuison Restraint Safety System Berbasis Arduino yang mampu mendeteksi terjadinya kecelakaan pada penggunanya.

Ademas, salah satu pembuatnya mengatakan awal adanya ide pembuatan produk untuk mengurangi korban jiwa kecelakaan lalu lintas. Data Korlantas Polri yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan menunjukkan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus pada tahun 2021. Angka kasus kecelakaan tersebut terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Jogja Travel

Lebih lanjut ia menjelaskan produk Jacket Air Chuison Restraint Safety System Berbasis Arduino dapat mendeteksi kecelakaan secara otomatis dengan menggunakan sistem mikrokontroler dan sensor otomatis. Apabila terjadi perubahan percepatan yang signifikan dan kemiringan jaket yang melebihi derajat tertentu secara bersamaan, maka jaket akan mengembang secara cepat dengan tekanan udara yang tinggi.

“Jaket telah didesain untuk mengamankan tubuh pengguna jika terjadi kecelakaan dan terdapat tekanan udara yang tinggi didalam jaket,” terangnya.

Selengkapnya baca HarianJogja

Jogja Travel

CLOSE
CLOSE