Masyarakat Kota Jogja Diimbau Mewaspadai Terjadinya Heat Stroke karena Cuaca Panas


Beberapa hari terakhir cuaca panas terik terjadi di Kota Jogja. Kondisi ini biasanya terjadi saat pergantian musim atau musim pancaroba. Terkadang pagi hingga siang hari terasa terik, sementara sore atau malam hari hujan deras.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengantisipasi terjadinya heat stroke. Heat stroke merupakan kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan. Suhu badan meningkat dengan cepat hingga 41° C dalam 10 sampai 15 menit dan tubuh sudah tidak dapat mengeluarkan keringat.

trmk

Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Kota Jogja Lana Unwanah mengingatkan masyarakat untuk menjaga cairan tubuh. “Cukup minum 8 gelas dalam sehari semalam. Masyarakat perlu menjaga kesehatan mengantisipasi heat stroke,” ujar Lana, Minggu (12/5/2024).

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat untuk menyiapkan alat pelindung. Diantaranya seperti payung, topi, jaket, hingga mantel. Diharapkan penggunaan masker juga terus dilakukan. Utamanya bagi masyarakat yang memiliki keluhan penyakit seperti batuk ataupun pilek.

selengkapnya baca HarianJogja

Semar

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI