UAJY
Berita Jogja

Inilah Prediksi Puncak Musim Hujan di Jogja Menurut BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sepanjang Desember hingga Januari merupakan puncak musim penghujan. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Jogja mengimbau masyarakat untuk mewaspadai berbagai ancaman bencana hidrometeorologi. Diantaranya curah hujan ekstrem, angin kencang, longsor, hingga banjir.

Koordinator Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Kota Jogja Suyatman menjelaskan hingga saat ini kondisi Kota Jogja masih terbilang aman. Hanya saja perubahan cuaca terkadang terjadi tiba-tiba.

PMB UAJY

“Cuaca saat ini tidak bisa ditebak. Kadang siang panas, sore terjadi hujan lebat disertai angin. Antisipasi perubahan suhu yang terlalu mencolok. Dapat menyebabkan banjir, badai, ataupun pohon tumbang,” jelasnya, Selasa (15/11).

Masyarakat diminta untuk menempuh langkah-langkah antisipasi. Misalnya, memastikan talang air selalu bersih dan lancar, tidak terjadi kebocoran. Sisi-sisi rumah juga perlu diperhatikan. Kondisi pohon, listrik, serta reklame juga harus diperhatikan secara berkala.

Selengkapnya di Radar Jogja

 

Semar

CLOSE
CLOSE