UAJY
Berita Jogja

Jalan Tol Jogja – YIA akan Dibangun Melayang di Atas Ring Road Barat dengan Lebar 30 Meter

Proses persiapan pembangunan tol Jogja-YIA terus berlanjut. Desain tol yang dimulai dari junction atau simpang susun Sleman di Tirtoadi hingga YIA Kulonprogo itu akan melintasi Ringroad Barat secara elevated atau melayang. Beberapa lahan di sekitarnya pun terdampak.

Otoritas kontraktor proyek tol, Humas Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jasiman, menjelaskan lebar jalan tol yang ada di atas Ringroad yakni totalnya 30 meter. “Kebutuhan lahan totalnya kurang-lebih 30 meter, sedangkan lebar jalan 25 meter,” ujarnya, Rabu (7/12/2022).

Lebar lahan yang dibutuhkan tersebut melebihi lebar ruas Ringroad. Jika lebar Ringroad sebesar 21 meter, maka di kanan dan kiri Ringroad masih dibutuhkan masing-masing 4,5 meter untuk proyek tol Jogja-Solo seksi 3 ini, sehingga setiap lahan dan bangunan dengan jarak tersebut dari Ringroad di trase yang sudah ditentutkan akan terdampak.

Baca Juga  Inilah 4 Titik Lokasi Simpang Susun Yang Bakal Dibangun di Sepanjang Tol Jogja - YIA

Jalan tol yang melintasi Ringroad ini dimulai dari Kalurahan Trihanggo, kemudian Nogotirto, melewati simpang empat Demak Ijo, kemudian Banyuraden, lalu berbelok di Ambarketawang sebelum memasuki Jalan Wates. Setelah belokan tersebut terdapat pintu keluar tol pertama yang mengarah ke Jalan Wates di sebelah selatan.

Selengkapnya baca HarianJogja

Lewat Jalan Tol, Waktu Tempuh Kota Jogja ke YIA Diklaim Jadi Setengah Jam Saja

Semar

CLOSE
CLOSE