Jalan Tol Jogja Solo Melayang di Atas Persawahan


Pelaksana proyek tol Solo-Jogja di wilayah Desa Keprabon, Polanharjo, Klaten, melakukan rekayasa teknis dengan membikin jalan tol melayang di atas kawasan persawahan.

Hal itu dilakukan untuk menghindari artefak berupa yoni yang ada di tengah areal persawahan desa tersebut. Dengan demikian, artefak berbentuk yoni di tengah sawah itu tak perlu dipindah.

Semar

Yoni itu berukuran panjang dan lebar masing-masing 79 sentimeter, memiliki ornamen pada salah satu sisi berbentuk kepala hewan menyerupai kura-kura. Sementara ketinggian yoni belum bisa dipastikan lantaran diperkirakan masih ada bagian yoni yang terpendam di dalam tanah.

Oleh warga setempat, yoni itu dikenal dengan nama Candi Asu. Tak jauh dari Yoni, ada gundukan tanah berisi batu bata merah berukuran besar. Objek diduga cagar budaya berupa yoni itu berada tak jauh dari patok berwarna kuning yang menjadi titik tengah dari rencana ruas jalan tol Solo-Jogja.

Berdasarkan pantauan proyek pembangunan jalan tol sudah dimulai di sejumlah wilayah salah satunya kawasan Desa Kranggan hingga Desa Keprabon, Polanharjo.

Selengkapnya baca Okezone

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI