Ada Malioboro. Inilah 10 Destinasi Wisata Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Nusantara Libur Lebaran 2023


Perputaran ekonomi di sektor pariwisata pada masa mudik Lebaran 2023 mencapai Rp 335,3 triliun. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Uno, mengatakan angka tersebut naik signifikan dibandingkan prediksi sebelumnya yang hanya mencapai Rp 240 triliun pada momentum mudik dan Lebaran 2023.

Dari jumlah Rp 335,3 triliun tersebut, Sandiaga mengatakan, pengeluaran paling besar digunakan untuk transportasi yaitu sebesar 23,4%. Pengeluaran terbesar selanjutnya adalah akomodasi sebesar 22%, kemudian pengeluaran makanan dan minuman sebesar 20%.

“Jadi prediksi awal kita itu hanya Rp 240,1 triliun, tapi ternyata setelah kami melakukan pemantauan, hasil dari potensi perputaran ekonomi selama lebaran bisa mencapai hingga Rp 335,3 triliun,” ujar Sandiaga, pada acara Weekly Briefing di Jakarta, Selasa (2 /5).

trmk

Sandiaga mengatakan,  jumlah masyarakat yang mudik sekaligus berwisata di Pulau Jawa  meningkat dibandingkan dengan mudik Lebaran tahun lalu. Hal itu juga dapat mendorong perekonomian pelaku UMKM lokal.

Dia menyebutkan, bahwa terdapat 10 destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara selama periode libur Lebaran 2023 diantaranya yaitu, Malioboro, Ciwidey, Lembang, Puncak, Borobudur, Dieng, Pangandaran, Ragunan dan Pemandian Guci di Tegal, serta Taman Impian Jaya Ancol.

Selengkapnya baca KataData

@yogyakarta.city Ramainya antre foto di Papan Nama #Malioboro #Jogja di Libur #lebaran2023 ♬ Komang – Raim Laode

Semar

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI