Tol Jogja-Solo di Ringroad Utara Bakal Melayang Melewati Kampus Hingga Perkantoran


Proyek Tol Jogja-Solo terus berjalan proses pembangunannya. Selain membebaskan lahan, konstruksi juga berjalan untuk ruas Klaten-Purwomartani dan Seksi 2.1 ruas Trihanggo-Junction Sleman.

Menyusul selanjutnya pada ruas menuju Kulonprogo atau populer dengan sebutan jalan Tol Jogja-YIA. Terakhir, proyek tol Jogja-Solo ini membangun konstruksi di kawasan Ringroad Utara Sleman atau dikenal dengan Maguwoharjo-Trihanggo dengan panjang 7,21 kilometer. Merupakan tol yang berada di dalam perkotaan dengan dampak yang sangat kompleks karena melewati permukiman yang ekstra padat.

trmk

Meski demikian ruas tol Maguwoharjo-Trihanggo akan dibangun elevated atau melayang. Pelaksana proyek telah melakukan penyelidikan tanah dengan melakukan pengeboran bagian tengah Ringroad Utara pada Maret 2023 silam. Penyelidikan tanah dilakukan untuk mengetahui daya dukung dan karateristik tanah, khususnya kondisi susunan tanah dan kekuatan lapisan tanah untuk keperluan pondasi jalan tol.

Salah satu kalurahan terdampak adalah Maguwoharjo, tercatat data awal ada 245 bidang dengan luas 93.521 meter persegi tanah yang terdampak. Sejumlah perkantoran bisnis hingga gedung sekolah terkena dampak di wilayah ini.

Selanjutnya Kelurahan Condongcatur yang merupakan wilayah terdampak cukup banyak. Mulai dari Markas Polda DIY, Kampus UPN Jogja, Kampus Amikom, Stikes Guna Bangsa hingga akses masuk ke kampus Universitas Mercu Buana. Sejumlah titik pusat bisnis dan pusat perbelanjaan pun terkena dampaknya. Data awal ada sebanyak 214 bidang dengan luas sekitar 119.324 meter persegi di Condongcatur terdampak proyek jalan tol.

Selengkapnya di HarianJogja

Semar

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI