Ada Candi di Tengah Kota Yogyakarta, Ternyata Ini Fungsinya


Jogja terkenal dengan kota yang menyimpan banyak peninggalan sejarah, salah satunya berupa candi. Di pusat Kota Jogja ada Candi Donotirto yang fungsinya berbeda dengan candi lainnya. Seperti apa kisahnya?

Jika biasanya candi digunakan untuk bersembahyang, Candi Donotirto digunakan sebagai pemandian umum. Candi Donotirto ini didaftarkan sebagai bangunan cagar budaya ini diinisiasi era Sultan Hamengku Buwono (HB) VII pada tahun 1930-an dan dibangun di era Sri Sultan HB IX.

Semar

Lokasi Candi Donotirto ini berada di Kemetiran Kidul. Pringgokusuman, Gedong Tengen, Jogja. Pantauan di lokasi, Senin (4/9/2023), Candi Donotirto masih digunakan warga sekitar untuk mandi.

Memasuki area Candi Donotirto terasa seperti labirin. Bangunan menyerupai candi ini memiliki arsitektur khas Kerajaan Mataram. Tampak ada bilik yang membagi antara wanita dan laki-laki. Di setiap bilik terdapat tujuh pancuran air yang terbagi dalam tiga sekat. Suara air pun terdengar mengalir deras dari setiap pancurannya. Air dari pancuran ini terasa dingin dan segar. Di area luar pemandian, tepatnya di bagian depan terdapat sebuah kotak sumbangan bagi pengunjung yang ingin membayar.

“Iya warga sekitar. Dulu biasanya tukang becak di sini biasanya mandi”, ujar Wahyu selaku Kepala Pokdarwis Sosromenduran, Wahyu, saat berbincang dengan detikJogja.

Selengkapnya di DetikJogja

Lokasi

Makan Malam Romantis Jogja

BACA JUGA
INILAH 7 ALASAN BAHWA TERNYATA SELFIE BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA
BUAT KAMU YANG SUKA WISATA EKSTRIM, 5 AYUNAN BERBAHAYA INI BISA JADI DESTINASI FAVORITMU
KALAU KAMU INGIN MENENANGKAN DIRI, COBA KUNJUNGI 6 DESTINASI TERBAIK INI